Kamis, 24 April 2014

Profil Joko Widodo (Jokowi)




Nama Lengkap : Joko Widodo
Panggilan : Jokowi
Agama : Islam
Tempat Lahir : Surakarta, Jawa Tengah
Tanggal Lahir : Rabu, 21 Juni 1961
Zodiac : Gemini
Hobby : Membaca, Traveling
Pasangan : Iriana Joko Widodo
Anak : Kaesang Pangarep, Kahiyang Ayu, Gibran Rakabuming Raka


Partai Politik : PDI Perjuangan

Joko Widodo atau yang biasa di panggil Jokowi lahir dari pasangan bapak Noto Mihardjo dan Bapak Sujiatmi. Banyak orang yang tidak percaya akan kemampuannya dalam memimpin kota solo karena sebelum menjadi walikota pekerjaan beliau adalah pengusaha mebel. Namun jokowi dapat  membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi pemimpin. Pendekatan pada masalah kecil terhadap masyarakat hal inilah yang membuat orang kagum akan sosok jokowi. Beliau berhasil membangun kota solo bahkan mengembangkan dari penataan yang kurang baik hingga mengalami perubahan seperti berada di luar negeri. Jokowi menjadi walikota Kota Surakarta (Solo) untuk 2 kali masa bakti 2005-2015. Wakil walikotanya adalah F.X. Hadi Rudyatmo.
Jokowi mencalonkan diri di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012 bersama dengan Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakilnya. Setelah melalui pemilihan 2 putaran pasangan Jokowi-Basuki berhasil menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta mulai dari 15 Oktober 2012.
Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta berhasil mendapatkan dukungan dari masyarakat yang bernama “Relawan Jokowi” dimana kelompok masyarakat tersebut mendukung Jokowi untuk mencalonkan diri menjadi Presiden RI pada pemilu 2014.
Pendidikan
  • SMP Negeri 1 Surakarta
  • SMA Negeri 6 Surakarta
  • S-1 Kehutanan Universitas Gajah Mada
Karir & Organisasi
  • Pengusaha Meubel
  • 2005-2012 Walikota Surakarta
  • 2012-2017 Gubernur DKI Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar