Minggu, 24 November 2013

Tips makanan untuk menghindari rasa malas.


Jika anda sering merasakan kelelahan berlebihan dan malas melakukan kegiatan apapun ada beberapa tips untuk menghindari nya

1.     Hindari makanan berlemak jenuh terutama lemak hewani dan lemak trans

            Lemak jenuh bertahan lebih lama di dalam lambung kita, karena lemak jenuh sangat sulit untuk di cerna. Akibatnya, aliran darah yang seharusnya menuju otak, otot dan jaringan lain di konsentrasikan ke lambung. Kondisi inilah yang membuat Anda merasa lelah, bahkan bisa sampai 6 jam.sesuai dengan waktu cerna lemak, yang baru akan tercena dengan sempuran 4-6 jam, bergantung pada banyak- sedikitnya asupan lemak dan jenisnya. Sumber lemak trans adalah margarin, minyak bekas menggoreng (jelantah), mentega putih , dan juga korsvet(shortening)

2.     Santaplah  setidaknya satu jenis makanan sumber zat besi setiap hari.

Zat besi membantu tugas sel darah merah mengangkut dan mendistribusikan oksigen ke seluruh jaringan. Zat besi di perlukan tubuh untuk proses pengubahan zat gizi menjadi sumber energi, yakni karbohidrat,protein, dan lemak, menjadi energi siap pakai. Keterbatasan asupan zat besi akan menurunkan laju pengubahan energi, sehingga kita merasa kelelahan dan kurang gairah. Zat besi banyak terdapat dalam daging sapi tanpa lemak, kerang, kacang merah,kacang hijau,kacang tolo,kedelai,tempe,tahu,susu kedelai,kismis, sayuran daun hijau yang berwarna hijau gelap. Contoh sawi, bayam, daun singkong, daun pepaya, daun katuk).

3.     Lupakan kopi dan minuman beralkohol.

            Kafein dalam kopi dapat melambungkan semangat dan gairah Anda secepat kilat, namun secepat itu pula kafein akan membanting kesigapan Anda. Minuman beralkohol menggangu fungsi kontrol sel-sel saraf dan hanya mengakibatkan anda banyak kehilangan cairan. (coba Anda amati para peminum, biasanya mereka banyak buang air kecil setelah meneggak munuman keras)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar