Jumat, 10 Mei 2013

Penggunaan kata Insya Allah

sering kali kita menggunakan kata "Insya Allah" untuk melakukan perjanjian.

Penggunaan kata Insya Allah :

1. Untuk menekankan sebuah kepastian.
sebagaimana sabda Nabi dalam doa ziarah qubur : "Dan kami Insya Allah akan menyusul kalian wahai penghuni kuburan". Dan tentunya kita semua  pasti meninggal.

Demikian juga firman Allah " Sesungguhnya kalian pasti akan memasuki masdil haram Insya allah dalam keadaan aman". (QS Al-Fath : 27)

2. untuk menyatakan suatu usaha tetapi keberhasilan pelaksaannya ada di tangan Allah. contohnya "Tahun depan saya akan naik Haji Insya Allah"

berangkat atau tidaknya Naik haji tergantung atas izin Allah teteapi kita sudah berusaha semaksimal mungkin.

3.karena adanya keraguan, akan tetapi masih ada keinginan

itu semua penggunaan kata Insya Allah, akan tetapi sering kita salah menggunakan kata Insya Allah sebagai senjata untuk melarikan diri bahkan menolak sesuatu.
contoh nya : kita di undah hadir dalam acara pernikahan, dalam, hati kita tidak mau hadir maka kita pun akan berkata "Insya Allah yaa.."
atau contoh lainnya jika kita di minta bantuan, jika tidakmau membantu makan dengan mudah kita mengucpakan kata "Insya Allah"

inilah kejadian yang sangat menyedihkan, karena perkataan insya Allah seharusnya di gunakan untuk menyatakan kesungguhan justru di gunakan untuk menolak.
 ayoo kita gunakan kata Insya Allah sesuai fungsinya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar