Jumat, 10 Mei 2013

Resume Analisis Pendapatan nasional untuk perekonomian tertutup sederhana dan pertumbuhan ekonomi.

Kali ini saya akan meresume kelompok saya yaitu kelompok 5 yang berjudul Analisis Pendapatan nasional untuk perekonomian tertutup sederhana dan pertumbuhan ekonomi. Sebelum membahasa lebih lanjut ada baiknya kita harus mengetahui apa definisi dari pendapatan nasional. Secara keseluruhan Pendapatan nasional adalah Jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh factor produksi dalam suatu Negara selama satu periode tertentu. Sedangkan perekonomian tertutup sederhana  adalah perekonomian yang tidak adanya hubungan dengan Negara lain dan tidak adanya campur tangan pemerintah, baik berupa pungutan pajak, pembayaran transfer pemerintah ataupun yang berbentuk pengeluaran konsumsi. Pertumbuhan ekonomi adalah proses dimana terjadi kenaikan pendapatan nasional. Definisi pertumbuhan ekonomi yang lain adalah bahwa pertumbuhan ekonomi terjadi bila ada kenaikan output perkapita. Pertumbuhan ekonomi menggambarkan kenaikan taraf hidup diukur dengan output riil per orang.

Inflasi 

Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus yang di sebabkan oleh beberapa faktor antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebih-nya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang. Dengan kata lain, inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu. Inflasi adalah proses dari suatu peristiwa, bukan tinggi-rendahnya tingkat harga. Artinya, tingkat harga yang dianggap tinggi belum tentu menunjukkan inflasi.
Contohnya : dahulu uang 100 rupiah bisa kita belikan permen,tetapi sekarang harga 100 rupiah tidak bisa untuk membeli permen. Artinya nila uang 100 rupiah sudah tidak ada artinya lagi.
Bagaimana cara menekan inflasi?
Cara menekan inflasi yaitu dengan cara menurunkan perederan uang, atau kebijakan moneter. Dan juga dengan kebijakan fiskal yaitu pengurangan pengeluaran pemerintah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar