Jumat, 27 Juni 2014

Survei LIPI: Elektabilitas Jokowi-JK 43%, Prabowo-Hatta 34%


Jakarta - Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P LIPI) menggelar survei elektabilitas capres. Hasilnya, Jokowi-JK unggul 9 persen dari Prabowo-Hatta.

Survei digelar pada 5-14 Juni 2014 dengan 790 responden berusia di atas 17 tahun di 33 provinsi. Pemilihan sampel dengan metode multistage random. Margin error survei ini 3,51% dengan tingkat kepercayaan 95%. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara tatap muka. Pertanyaan yang diajukan ke responden, yaitu "Jika pemilihan presiden diselenggarakan pada hari ini, siapakah yang akan Anda pilih?"

Hasil survei yang dirilis pada Kamis (26/6/2014) ini menunjukkan Jokowi-JK unggul dengan elektabilitas 43% dari Prabowo-Hatta yang memiliki tingkat keterpilihan 34%. Sisanya sebanyak 23% belum menentukan pilihan.

Selain elektabilitas kedua pasangan, survei ini juga merekam soliditas pemilih dari masing-masing koalisi pengusung capres-cawapres. Koalisi Jokowi-JK disebut lebih solid.

"Pemilih solid di parpol koalisi PDIP-Nasdem-PKB-Hanura yang bakal memiliki Jokowi-JK mencapai 60,4%. Sedangkan pemilih solid di parpol koalisi Gerindra yang bakal memilih Prabowo-Hatta hanya 48,2%," kata peneliti P2P LIPI Wawan Ichwanuddin.

Wawan menegaskan survei ini independen. Pembiayaan survei berasal dari negara.

"Semua biaya kegiatan survei ini bersumber pada dana DIPA. Jadi kita tidak khawatir jika ada yang mengatakan survei dibayar salah satu capres," ujarnya.

Sumber : Detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar