Sabtu, 20 April 2013

10 cara mengasah daya ingat


1.    Melatih kemampuan untuk mengamati. Amati apa yang anda liat di sekeliling anda. Lalu rekam dalam pikiran apa saja yang anda liat. Pejamkan mata, dan ingat kembali apa yang anda liat dan anda rekam

2. Melatih pancaindera. Biasakan indera penciuman untuk mengenali aroma-aroma parfum yang anda sukai dan tidak. Latih juga terhadap keempat indera lainnya, yakni perasa,pendengaran, perabaan, dan penglihatan.

3.   Mengingat kembali nama-nama teman dekat atau keluarga anda serta nomer handphone atau nomer televon

4.  Memperlajari sesuatu yang baru. Misalnya menggambar atau  belajar bahasa asing seperti jepang, mandarin,arab. 

5. Melatih tangan mengikuti kemauan pikiran. Misalnya dengan belajar memancing, melukis, menyulam, menjahit, memainkan alat musik.

6.   Menekuni hobi yang anda miliki.

7.   Menghafal hal-hal yang anda sukai. Misalnya puisi, doa sehari-sehari, resep makanan favorit anda, syair lagu.

8.  Memaknai tanggal-tanggal penting. Misalnya tanggal kencan pertama anda dengan si dia dan gali kembali kenangan yang terjadi di baliknya. Atau, ingat tanggal 17 agustus tahun lalu dan apa saja yang terjadi.

9. Mempelajari buku pintar untuk mengetahui dan berlatih menghafal nama-nama sungai berikut nama provinsinya. Atau, nama-nama negara di dunia. Berikut ibukotanya.

10. Meneliti ulang pengeluaran anda. Buka dompet anda. Berapa sisa uang anda? Hari ini anda sudah membelanjakan untuk apa saja? Ingat-ingat pula apa saja yang anda beli kemarin? Kapan anda terakhir memasukkan uang ke dalam dompet, dan berapa jumlahnya? Apa saja yang masih harus anda beli tiga hari mendatang?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar