Pengertian Pasar
Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli, penjual mempunyai kemampuan
untuk menjual barang/jasa, dan pembeli yang memerlukan barang/jasa. Barang dan
jasa yang di jual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang flat.
Klasifikasi pasar secara umum terdapat 2 jenis :
· Pasar Tradisonal
Pasar
tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual
dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung. Biasanya
barang yang di jual itu berupa
barang kebutuhan pokok.
· . Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat
modern dimana barang-barang di perjual belikan dengan harga pas dan cara
pelayanannya pun dengan layanan sendiri. Biasanya barang yang di jual dengan
menggunakan label harga atau Barcode.
Struktur pasar
Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan
strukturnya kepada beberapa bentuk pasar ,
berdasarkan pada ciri-ciri seperti
jenis produk yang di hasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri,
mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri peranan media massa/iklan
dalam kegiatan industri.
1.
Pasar persaingan sempurna
Pengertian pasar persaingan
sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran
dimana jumlah pembeli dan penjual sangat banyaknya tidak terbatas, dengan
produk yang bersifat homogen atau produk yang sama dan memiliki. Dengan
memiliki ciri-ciri seperti jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak,
produk/barang yang di perdagangkan sejenis, konsumen memahami sepenuhnya
keadaan pasar.
2.
Pasar persaingan tidak sempurna
Pasar persaingan sempurna
memiliki beberapa jenis,diantaranya :
1.
Pasar monopoli
Suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada
satu penjual/produsen yang menguasai terhadap permintaan banyak pembeli atau konsumen.
Mempunyai sifat hanya terdapat satu penjual yang menguasai penawaran dan tanpa
adanya alternatif pilihan
Contoh : PLN adalah satu-satunya perusahan di indonesia yang di berikan
kepercayaan untuk menyediakan kebutuhan listrik di indonesia.
2.
Pasar Monopolistik
Bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang
serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Brand yang menjadi ciri
khas produk berbeda-beda.
Contoh
Makan ringan di daerah depok HOT jeletot (menjual tahu pedas)
3.
Pasar Monopsoni
Betuk pasar ini dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan
atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
Contoh PT. KAI
4.
Pasar Oligoli
Suatu struktur pasar/bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh
beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area atau pasar.
5.
Pasar Duopoli
Suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang di kuasai oleh dua
perusahaan
Contoh
: bisnis minimarket terbesar di indonesia di kuasai oleh Indomaret dan
Alfamart.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar