Sabtu, 20 April 2013

Struktur Pasar

Pengertian Pasar

Pasar adalah tempat bertemunya penjual  dan pembeli, penjual mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa, dan pembeli yang memerlukan barang/jasa. Barang dan jasa yang di jual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang flat.
Klasifikasi pasar secara umum terdapat 2 jenis :

·         Pasar Tradisonal
Pasar  tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secara langsung.  Biasanya  barang yang di jual itu  berupa barang kebutuhan pokok. 

·        . Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang di perjual belikan dengan harga pas dan cara pelayanannya pun dengan layanan sendiri. Biasanya barang yang di jual dengan menggunakan label  harga atau Barcode.

Struktur pasar

Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya kepada beberapa bentuk pasar ,  berdasarkan pada ciri-ciri seperti  jenis produk yang di hasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri peranan media massa/iklan dalam kegiatan industri. 

1.     Pasar persaingan sempurna
Pengertian pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran dimana jumlah pembeli dan penjual sangat banyaknya tidak terbatas, dengan produk yang bersifat homogen atau produk yang sama dan memiliki. Dengan memiliki ciri-ciri seperti jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak, produk/barang yang di perdagangkan sejenis, konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar. 

2.     Pasar persaingan tidak sempurna
Pasar persaingan sempurna memiliki beberapa jenis,diantaranya :
1.       Pasar monopoli
Suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang menguasai terhadap  permintaan banyak pembeli atau konsumen. Mempunyai sifat hanya terdapat satu penjual yang menguasai penawaran dan tanpa adanya alternatif pilihan
Contoh : PLN adalah satu-satunya perusahan di indonesia yang di berikan kepercayaan untuk menyediakan kebutuhan listrik di indonesia.
2.       Pasar Monopolistik
Bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda.
Contoh
Makan ringan di daerah depok HOT jeletot (menjual tahu pedas)

3.       Pasar Monopsoni
Betuk pasar ini dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli  tunggal atas  barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
Contoh PT. KAI
4.       Pasar Oligoli
Suatu struktur pasar/bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area atau pasar.
5.       Pasar Duopoli
Suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang di kuasai oleh dua perusahaan
Contoh : bisnis minimarket terbesar di indonesia di kuasai oleh Indomaret dan Alfamart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar