Sabtu, 20 April 2013

Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran.


Pengertian permintaan dan penawaran

Permintaan adalah sejumlah barang yang akan di beli atau yang di minta pada tingkat harga tertentu dan dalam waktu tertentu juga. Contoh nya adalah pada saat launcing HP dengan merk BB. Harga BB masih mahal dan tentunya jarang sekali orang punya, tetapi itu hanya sesaat saja.hukum permintaan adalah apabila harga naik maka jumlah barang yang di minta akan mengalami penurunan, dan sebaliknya apabila harga turun maka jumlah barang yang di minta akan mengalami kenaikan. 
Penawaran adalah sejumlah barang yang akan di tawarkan kepada konsumen pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu juga,. Contoh nya adalah jaman dahulu HP nokia di keluarkan dengan fitur standar, seiring berjalannya waktu HP nokia di luncurkan dengan fitur yang lebih canggih. Hukum penawaran adalah apabila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang di tawarkan akan naik,dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang di tawarkan turun.
Dalam  melakukan transaksi jual-beli selalu ada penentuan harga permintaan dan penawaran antara produsen antara konsumen. Hal itu terjadi karena tidak selalu sama harga yang di inginkan oleh produsen dengan konsumen. Untuk itu harus di buat kesepakatan harga antara produsen dengan konsumen. Dalam hal ini produsen sangat tergantung sekali dengan tingkat permintaan dari konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar