Minggu, 28 April 2013

Perilaku konsumen


Kata konsumen sudah tidak asing lagi di telinga kita apa lagi di dunia ekonomi ini. Konsumen adalah lawan dari produsen yang mempunyai arti seseorang yang membeli suatu barang kepada produsen. Perilaku konsumen adalah proses ketika seseorang berhubungan dengan pembelian serta penggunaan produk dan jasa demi memenuhi kebutuhannya. Teori perilaku konsumen ini di landasi dengan teori ekonomi yang menjelaskan bahwa seorang konsumen akan menetapkan kuantitas komoditas yang dikonsumsi dengan cara memaksimumkan kepuasan.
Berikut peran perilaku konsumen bagi pemasar atau produsen, yaitu :
-        Membujuk  para konsumen untuk membeli produk  yang sedang dipasarkan
-        Memahami para konsumen dalam berfikir dan bertindak agar para produsen mampu menarik dan memasarkan produknya dengan baik
-        Memahami bagaimana konsumen mengambil keputusan
Peran perilaku konsumen bagi organisasi pemerintah dan politik adalah sebagai dasar perumusan kebijakan publik dan perundang-undangan untuk melindungi konsumen. Contohnya penarikan beberapa kosmetik yang mengandung merkuri yang telah diproduksikan di pasaran.

Faktor-Faktor  yang mempengaruhi perilaku konsumen
1.       Faktor Budaya
2.      Faktor Sosial
-        Kelompok
-        Keluarga
-        Peran Status
3.      Faktor Pribadi
4.      Faktor Psikologi

mengapa faktor budaya paling utama di bandingkan dengan faktor yang lain?
ya karena faktor budaya sangat berpengaruh sekali pada masyarakat di indonesia. jadi kebanyakan orang indonesia membeli suatu barang karena trend bukan karena kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar