Kata konsumen sudah tidak asing lagi di telinga
kita apa lagi di dunia ekonomi ini. Konsumen adalah lawan dari produsen yang
mempunyai arti seseorang yang membeli suatu barang kepada produsen. Perilaku
konsumen adalah proses ketika seseorang berhubungan dengan pembelian serta
penggunaan produk dan jasa demi memenuhi kebutuhannya. Teori perilaku konsumen ini
di landasi dengan teori ekonomi yang menjelaskan bahwa seorang konsumen akan
menetapkan kuantitas komoditas yang dikonsumsi dengan cara memaksimumkan
kepuasan.
Berikut
peran perilaku konsumen bagi pemasar atau produsen, yaitu :
- Membujuk
para konsumen untuk membeli produk
yang sedang dipasarkan
- Memahami para konsumen dalam berfikir
dan bertindak agar para produsen mampu menarik dan memasarkan produknya dengan
baik
- Memahami bagaimana konsumen mengambil
keputusan
Peran
perilaku konsumen bagi organisasi pemerintah dan politik adalah sebagai dasar
perumusan kebijakan publik dan perundang-undangan untuk melindungi konsumen.
Contohnya penarikan beberapa kosmetik yang mengandung merkuri yang telah
diproduksikan di pasaran.
Faktor-Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
1. Faktor Budaya
2. Faktor Sosial
- Kelompok
- Keluarga
- Peran Status
3. Faktor Pribadi
4. Faktor Psikologi
mengapa faktor budaya paling utama di bandingkan dengan faktor yang lain?
ya karena faktor budaya sangat berpengaruh sekali pada masyarakat di indonesia. jadi kebanyakan orang indonesia membeli suatu barang karena trend bukan karena kebutuhan.
mengapa faktor budaya paling utama di bandingkan dengan faktor yang lain?
ya karena faktor budaya sangat berpengaruh sekali pada masyarakat di indonesia. jadi kebanyakan orang indonesia membeli suatu barang karena trend bukan karena kebutuhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar